Sejarah peringatan Hari Pi ( π )

Larry Shaw, penyelenggara pertama peringatan Hari Pi di Exploratorium, San Francisco
Larry Shaw
Sebelum kita membahas bagaimana sejarah hari Pi yang biasa diperingati setiap tahun, alangkah baiknya kita tau dulu apa itu hari Pi. Hari Pi adalah sebuah perayaan tahunan konstanta matematika π (pi). Hari Pi dirayakan setiap bulan Maret tanggal 14 (3/14 pada format tanggal month/day atau mm/dd) karena 3, 1, dan 4 adalah tiga angka penting pertama dari konstanta π. Pada tahun 2009, Dewan Perwakilan Amerika Serikat mulai mendukung perayaan Hari Pi.

Hari Pendekatan Pi dirayakan di bulan Juli tanggal 22 (22/7 dalam format day/month atau dd/mm), karena pecahan 22⁄7 adalah pendekatan π yang umum digunakan. Pendekatan ini akurat hingga dua tempat desimal dan telah digunakan sejak zaman Archimedes.

Setelah kita tahu apa itu Hari Pi, sekarang kita lanjut ke sejarahnya. Peringatan besar-besaran pertama Hari Pi diadakan oleh Larry Shaw pada tahun 1988 di Exploratorium San Francisco, dimana Shaw bekerja sebagai fisikawan, ia dengan stafnya berbaris, berkeliling salah satu ruang bundarnya, lalu memakan pai buah. Selanjutnya Exploratorium melanjutkan tradisi memperingati hari Pi.

Pada 12 Maret, 2009, Dewan Perwakilan Amerika Serikat menyetujui resolusi tak terikat (111 H. Res. 224), yang menjadikan 14 Maret, 2009 sebagai Hari Pi Nasional. Pada peringatan Hari Pi tahun 2010, Google menampilkan sebuah Google Doodle yang merayakan peringatan tersebut, dengan logo Google didalam lingkaran dengan simbol pi.

Keseluruhan bulan Maret 2014 (3/14) dirayakan oleh beberapa orang sebagai "Bulan Pi". Pada tahun 2015, Hari Pi memiliki arti penting pada format tanggal 3/14/15 (mm/dd/yy) pada pukul 9:26:53 a.m. dan juga di 9:26:53 p.m., karena tanggal dan waktunya mewakili 10 digit pertama dari π. Hari Pi 2016 juga penting karena mm/dd/yy mewakili pi yang dibulatkan menjadi lima digit pertama.
Bilangan  (kadang-kadang ditulis pi atau Phi) adalah sebuah konstanta dalam matematika yang merupakan perbandingan keliling lingkaran dengan diameternya. Nilai  dalam 20 tempat desimal adalah 3,14159265358979323846.

Perayaan
Peringatan hari Pi. Pai Pi di Universitas Teknik Delft (kiri), Pai pi Blackberry (kanan)
Peringatan hari Pi. Pai Pi di Universitas Teknik Delft (kiri), Pai pi Blackberry (kanan)
Memakan kue pai menjadi cara perayaan yang umum dilakukan saat Pi Day. Kenapa harus kue pai?

Ada beberapa alasan yang menjelaskan kenapa Pi Day identik dengan kue pai. Pertama karena cara membaca π (pi) dan pie (pai)  yang mirip. Kedua, juga karena 3,14 seperti tulisan pie yang dibalik.

Hari Pi telah dirayakan dengan berbagai cara, termasuk makan pai, melempar pai dan membahas pentingnya bilangan π. Hal ini karena adanya permainan kata-kata berdasarkan kata-kata "pi" dan "pie" (pai) yang merupakan homofon dalam bahasa Inggris (pronunciation: /paɪ/).

Massachusetts Institute of Technology sering mengirimkan surat aplikasi kepada calon mahasiswa untuk diterima sebagai mahasiswa pada Hari Pi. Mulai tahun 2012, MIT telah mengumumkan bahwa pihaknya akan memposting keputusan tersebut (pribadi) secara online di Hari Pi pada pukul 6:30 waktu setempat, yang mereka sebut "Tau Time", untuk menghormati nomor saingan pi yaitu tau (2π) bersama-sama. Pada tahun 2015, keputusan reguler dilakukan secara online pada pukul 9:26 pagi, mengikuti "moment pi" hari itu.

Di Princeton, New Jersey, biasanya diselenggarakan berbagai acara dalam perayaan gabungan Hari Pi dan ulang tahun Albert Einstein, yang juga 14 Maret. Einstein tinggal di Princeton selama lebih dari dua puluh tahun saat bekerja di Institute for Advanced Study. Selain makan pai dan lomba menghafal desimal pi, ada pula kontes mirip Einstein tahunan.


Perayaan pada pukul 13.59 siang

Pi Day dirayakan pada 14 Maret, tepatnya pada pukul 13.59. Ada perdebatan, karena sejumlah orang berpendapat Pi Day dirayakan pada pukul 1.59 pagi karena menggunakan sistem 12 jam.

Namun jam perayaan yang paling umum adalah pada pukul 13.59 siang. Perayaan dilakukan selama satu menit. Apa yang dilakukan selama satu menit? apa saja.

Ada yang melakukan pie war atau lempar kue pie, melakukan tarian pi hasil koreografi sendiri, melontarkan lelucon-lelucon lucu tentang matematika atau terkait pi, bahkan hingga mengheningkan cipta untuk merenungkan arti penting pi bagi kehidupan.


Permainan pi

Bermain kuis yang berhubungan dengan π (pi) atau matematika juga menyenangkan untuk dilakukan saat perayaan Pi Day. Selain untuk memperingati π (pi), juga sekaligus mengasah kemampuan kita akan matematika.

Siapkan kuis yang berkaitan dengan geometri, trigonometri, atau materi lain yang menggunakan pi.

Kuis juga bisa dilakukan lebih menarik, dengan menggunakan gambar ataupun sejumlah alat peraga.

Lakukan permainan semenarik dan seasyik mungkin, misalnya mereka yang salah menjawab diberikan hukuman dengan dicoreng tanda π (pi) di bagian muka dengan menggunakan bedak atau spidol.


Perayaan hari Pi oleh Google


Peringatan hari Pi ke-30 oleh Google Doodle
Google pernah memperingati hari Pi yaitu pada tahun 2010 dan tahun 2018. Pada peringatan Hari Pi tahun 2010, Google menampilkan sebuah Google Doodle yang merayakan peringatan tersebut, dengan logo Google didalam lingkaran dengan simbol pi.

Sedangkan pada tahun 2018, tepatnya peringatan hari Pi ke-30 tahun Google  menampilkan gambar sejumlah kue dan pai, sebagai bagian perayaan 30 tahun Pi Day atau Hari Pi.

Pi Day dirayakan tepat pada hari ini untuk menghormati tiga digit pertama dari konstanta tak terhingga tersebut, yaitu 3.14.

Jadi, 14 Maret ditulis sebagai 3.14 (Maret = 3 dan hari - 14). Maka dari itu, 14 Maret adalah Hari Pi!


Berbagai sumber