Sejarah Riau Pada Masa Penjajahan (Pendudukan) Jepang

Pada masa pendudukan Jepang di Indonesia, Riau menjadi salah satu sasaran utama untuk diduduki. Bala tentara Jepang menduduki Rengat pada 31 Maret 1942. Seluruh Riau dengan cepat tunduk di bawah pemerintahan Jepang.
Kereta Api Kuno di riau

Riau jadi salah satu daerah di Indonesia yang dijajah Jepang. Kekejaman penjajah seperti mempekerjakan romusa membangun rel kereta api sampai ke Sumatera Barat (Sumbar) sepanjang 220 Km. Jalur kereta api tersebut menghubungkan Muaro Sijunjung dan Pekanbaru.

Rel kereta api tersebut menjadi salah satu peninggalan masa pendudukan Jepang. Ratusan ribu rakyat Riau dipaksa bekerja oleh tentara Jepang untuk menyelesaikan proyek ini. Proyek Rel kereta Api dikerjakan dari tahun 1942 hingga 1943.

Incoming Search: penjajahan jepang di riau, peninggalan jepang di riau, suku di riau, jepang menduduki riau pertama kali tahun, dampak pendudukan jepang terhadap rakyat riau, sejarah penjajahan jepang di kepulauan riau, pada zaman jepang kepulauan riau bagian dari pusat pendudukan di, peristiwa pendudukan jepang di riau