Sejarah Singkat Hari Batik Nasional 2 Oktober

Hari Batik Nasional adalah hari perayaan nasional Indonesia untuk memperingati ditetapkannya batik sebagai Warisan Kemanusiaan untuk Budaya Lisan dan Nonbendawi (Masterpieces of the Oral and Intangible Heritage of Humanity) pada 2 Oktober 2009 oleh UNESCO. Pada tanggal ini, beragam lapisan masyarakat dari pejabat pemerintah dan pegawai BUMN hingga pelajar disarankan untuk mengenakan batik.
Batik Yogyakarta
Kain Batik dari Yogyakarta
Pemilihan Hari Batik Nasional pada 2 Oktober berdasarkan keputusan UNESCO yaitu Badan PBB yang membidangi Pendidikan, Ilmu Pengetahuan, dan Kebudayaan, yang secara resmi mengakui batik Indonesia sebagai warisan budaya dunia. UNESCO memasukkan batik dalam Daftar Representatif Budaya Tak benda Warisan Manusia. Pengakuan terhadap batik merupakan pengakuan internasional terhadap budaya Indonesia.

Hari Batik Nasional yang diperingati setiap tahunnya pada 2 Oktober, berawal saat batik masuk dalam Daftar Perwakilan Warisan Budaya Tak-benda United Nations of Educational, Scientific, and Cultural Organization (UNESCO) tahun 2009 lalu.

Sejarah Hari Batik Nasional diinisiasi ketika batik diakui pada saat sidang ke-4 Komite Antar-Pemerintah tentang Warisan Budaya Tak-benda yang diselenggarakan UNESCO di Abu Dhabi, sembilan tahun lalu, 2 Oktober 2009. Agenda yang diselenggarakan UNESCO ini mengakui batik, wayang, keris, noken, dan tari saman sebagai Budaya Tak-benda Warisan Manusia oleh UNESCO (Representative List of the Intangible Cultural Heritage of Humanity). Pengakuan dari UNESCO ini adalah alasan masyarakat Indonesia menetapkan 2 Oktober sebagai Hari Batik Nasional.


Google rayakan Hari batik nasional

Pada perayaan Hari batik nasional yang jatuh pada 2 Oktober 2019. Google Doodle ikut menyemarakkan dengan merubah Logo Google. Saat kita membuka laman utama www.google.com akan tampak latar belakang motif batik bernuansa biru dan oranye.

Gambar Google Doodle dibuat langsung secara manual, bukan rekayasa komputer. Google Doodle spesial Hari Batik Nasional dibuat oleh seniman Lydia Nichols menggunakan kain putih yang diwarnai dengan pigmen alami, nila, dan oranye.

Mengutip laman Google, ia belajar langsung bagaimana proses pembuatan batik. Lilin dioleskan langsung ke kain muslin. Kemudian, Lydia mencelupkan kain ke air yang telah diberikan osage oranye sehingga memunculkan warna kuning muda.

Lydia kembali melapisi kain dengan lilin menggunakan tjanting dan diberikan pewarna indigo. Karena proses oksidasi, warna kain yang tadinya hijau menjadi biru.

Setelah semua aplikasi lilin dan sekarat selesai, kain direbus untuk menghilangkan lilin yang menempel. Setelah lilin naik dan mengeras, dapat langsung dihilangkan, dan kain bisa digantung hingga kering.

Incoming search: hari batik nasional 2018, tujuan memperingati hari batik nasional, selamat hari batik nasional, hari batik nasional 2019, hari batik sedunia, hari batik dirayakan mulai tanggal, baju batik nasional, hari batik nasional 2 oktober 2018, teks sejarah hari batik nasional, hari batik nasional 2 oktober 2018, keppres hari batik nasional, alasan hari batik ditetapkan tanggal 2 oktober, sejarah batik unesco, pengakuan unesco tentang batik, tanggal penetapan batik oleh unesco, 2 oktober memperingati hari apa