Asal Mula Nama Lampung

BLOG SEJARAH - Terdapat beberapa pendapat atau versi tentang asal usul nama lampung. versi pertama mengatakan bahwa Lampung berasal dari kata anjak lambung yang artinya dari atas. Sedangkan versi kedua menyatakan Lampung berasal dari nama Poyang si Lampung. Untuk lebih jelasnya silahkan simak penjelasannya di bawah ini yang dikutip dari www.lampost.co.

Ulun Lampung

Anjak Lambung

Anjak Lambung mempunya arti dari atas. Maksudnya, nenek moyang orang Lampung berasal dari atas pegunungan, yaitu dataran tinggi Belalau di kaki Gunung Pesagi, yang terletak di sebelah timur Danau Ranau atau di hulu Way Semangka. Way Semangka ini bermuara ke Teluk Semangka, Kotaagung. Cerita versi ini seperti ditulis oleh Prof Hilman Hadikusuma.

Pada masa awal, dataran tinggi Belelu dihuni beberapa kebuaian (klan). Karena beberapa alasan, mereka merantau ke seluruh penjuru daerah yang sekarang bernama Lampung. Di setiap daerah-daerah baru mereka mendirikan tempat tinggal yang dipimpin oleh kepala-kepala rakyat yang diberi gelar ratu. Struktur sosial ini masih didasari faktor geneologi.

Perkembangan baru muncul setelah terjadi perpecahan-perpecahan dari dalam. Mereka merantau lagi ke daerah baru yang dipimpin oleh umpu.


Poyang Si Lampung

Residen Lampung yang pertama (1829—1834), Lampung berasal dari nama Poyang si Lampung. Kata ini diperoleh dari sebuah kitab berjudul Sejarah Majapahit, yang ditemukan di daerah Lampung pada 1818. Dalam kitab tersebut diceritakan bahwa sang dewa senembahan dan widodari sinuhun mempunyai tiga keturunan, yaitu si jawa sebagai ratu Majapahit, si pesudayung sebagai raja Pajajaran, dan si Lampung, sebagai ratu Belalau. Si Lampung berkedudukan di Sekala Bkhak di kaki Gunung Pesagi. Anak keturunannya sekarang menyebar ke seluruh penjuru Lampung, di antaranya Ranau, Komering, dan Kayuagung sejak abad 15.


Ulun Lampung

Dikutip Wikipedia, Etnis Lampung yang biasa disebut Lampung-Ulun lampung2.png (Ulun Lampung, Orang Lampung) secara tradisional geografis adalah salah satu dari rumpun melayu di pulau Sumatra yang menempati seluruh provinsi Lampung dan sebagian provinsi Sumatra Selatan bagian selatan dan tengah yang menempati daerah Martapura, Muaradua di Kabupaten Ogan Komering Ulu, Kayu Agung, Tanjung Raja di Kabupaten Ogan Komering Ilir, Merpas di sebelah selatan Bengkulu serta Cikoneng di pantai barat Banten. Suku Lampung memilik sub suku yaitu Suku Komering dan Suku Daya di Sumatra Selatan itu semua terlihat dari kesamaan budaya dan bahasa antara Suku Lampung dan Suku Komering.

Sedangkan menurut Hilkman Hadikusuma, orang Lampung (ulun Lampung) adalah orang Lampung asli, yaitu orang yang asal-usul keturunannya dari zaman Tulangbawang dan Sekala Bkhak, yang berbahasa dan beradat Lampung. Namun, karena di Lampung terkenal dengan dua dialek bahasa, orang Lampung asli (ulun Lampung) disebut juga ruwa jurai atau dua kelompok keturunan sehingga Lampung juga disebut dengan Sang Bumi Ruwa Jurai, yang artinya bumi kediaman mulia dari kedua masyarakat yang berbeda asal-usul.

Untuk selanjutnya, masyarakat Lampung sebagai masyarakat adat dibagi menjadi dua golongan, yaitu Pepadun dan Peminggir yang disebut juga Pesisir.

asal usul ulun lampung, suku lampung, nama nama gelar orang lampung, pertemuan adat lampung disebut, nama bahasa daerah lampung, adat istiadat lampung, 7 gelar adat lampung, sejarah lampung dan banten